Rabu, 25 Mei 2016

Aplikasi Kimia "Chemix School"

Chemix adalah software untuk belajar kimia. Aplikasi ini dirancang untuk menggambar diagram lab dengan menggunakan peralatan laboratorium yang umum, terutama dalam percobaan kimia dan fisika. Aplikasi ini berupa freeware animasi flash sederhana yang dapat di download dengan gratis. Aplikasi Chemix juga dikenal sebagai aplikasi Chemix School dimana Chemix School adalah sebuah perangkat lunak pendidikan untuk belajar Kimia. Perangkat lunak ini direkomendasikan bagi para peneliti yang berpengalaman. Software ini sangat cocok bagi siswa dan guru yang mengeluti bidang kimia. Software ini dilengkapi dengan tabel periodik yang menampilkan sifat fisik, isotop stabil, kelimpahan, massa atom, spin, frekuensi resonansi, relatif penerimaan, sifat magnetik, dan rasio gyromagnetic untuk semua isotop stabil termasuk sifat fisik lebih dari 2500 isotop stabil. Selain itu, terdapat kalkulator serba fungsi yang akan mempermudah kita dalam perhitungan kimia.
Cara mendownload Chemix School sangat mudah cara klik disini . Kemudian tunggu hingga halaman web tersebut muncul halaman seperti ini :
Picture1
Setelah muncul halaman seperti gambar diatas lalu klik Download CHEMIX School Ver.3.60 (Zip file), maka proses mendownload akan berjalan dengan sendirinya.
Setelah mendownload Chemix School maka langka selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menginstal aplikasi tersebut ke laptop atau komputer anda. Cara menginstal Chemix School sebagai berikut :
  1. Buka software aplikasi Chemix School terlebih dahulu. Maka akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini :
Picture2
2. Kemudian setelah keluar kotak dialog seperti diatas langkah selanjutnya yaitu mengeklik folder Chemix School.
3. Setelah mengklik folder Chemix School maka akan muncul banyak pilihan seperti gambar dibawah ini :
Picture3
4. Setelah muncul kotak dialog seperti diatas maka langka selanjutnya yaitu klik aplikasi chemix, seperti gambar dibawah ini :
Picture4
5. Setelah muncul kotak dialog seperti diatas maka akan muncul kotak dialog seperti ini :
Picture5
Maka klik Ok.
6.  Kemudian aplikasi Chemix School sudah bisa difungsikan untuk pembelajaran. Tampilan Chemix School seperti ini :
Picture6
Chemix School merupakan aplikasi kimia yang memiliki banyak fitur. Fitur yang disediakan didalam Chemix School antara lain :
  • Tabel sistem periodik beserta keterangan detail tiap unsur.
  • Bisa menentukan senyawa berdasarkan spektroskopi senyawa tersebut.
  • Kamus khusus kimia
  • Kalkulator
  • unit konversi panjang, berat, tekanan, daya, temperatur, dsb.
  • Menghitung persamaan gas gay lussac.
  • Menampilkan 3d dari molekul.
  • Menghitung dan menggambar kurva persamaan diagram fasa 3 maupun 2 fasa / lebih. Cocok untuk mata kuliah kimia fisika.
  • Menghitung persamaan kurva serta menggambar kurvanya.
  • Menghitung asam basa serta pkw, pka, ph, poh dan pkb.
  • Menampilkan kelarutan tiap senyawa/ solubility chart.
  • Menghitung kelarutan.
  • Kalkulator molekul
  • Menghitung stoikiometri senyawa.
Fitur-fitur yang tersedia di Chemix School sangat membantu untuk mengerjakan pelajaran kimia. Fitur diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling berkaitan satu sama lain.
Dengan adanya Chemix School mengerjakan kimia bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu manfaatkan Chemix School dengan benar-benar. Untuk memudahkan menggunakan Chemix School maka ikutilah sedikit tutorial dibawah ini dengan seksama. Tutorial penggunaan chemix adalah sebagai berikut :
  1. Menambahkan & Menyeret
Untuk menambahkan aparat, pilih item dari toolbar atas . Untuk mengubah kategori, klik pada tombol berlabel kecil di setiap sisi toolbar. Saat ini, ada 5 kategori dengan 8 item per setiap. Setelah menambahkan item, muncul di ruang kerja. Untuk tarik ke tempat yang tepat, cukup klik dengan mouse kiri, drag dan kemudian lepaskan. Anda hanya dapat menarik satu item pada suatu waktu, multiselection tidak didukung.

  1. Menggunakan Editor
Untuk memutar atau mengubah gaya item, tarik ke alun-alun berlabel ’sensor’ sampai lampu merah pergi hijau. Tekan panah untuk memutar item, tekan tombol bintang untuk mengubah gaya. Tidak semua item mendukung perubahan gaya.
  1. Menghapus
Untuk menghapus item, menyeret mereka sampah. Untuk menghapus beberapa item, Anda dapat menarik bin (dengan mengklik bar bagian atas di atas tempat sampah) atas barang-barang Anda. Setiap barang yang bersimpangan dengan sampah, akan dihapus.
  1. Memunculkan tabel
Untuk menghentikan pengaturan aparat dari ’melayang’ di udara, klik tombol kiri bawah untuk menampilkan tabel. Klik lagi untuk menyembunyikannya.
  1. Finishing
Chemix tidak memungkinkan Anda untuk menyimpan atau mengekspor pekerjaan Anda menjadi sebuah gambar, namun Anda hanya dapat mengambil screenshot, menghapus semua toolbar dan item UI dalam program cat dan kemudian paste gambar yang dihasilkan di tempat yang diinginkan. Chemix memiliki banyak sekali fitur.
Dalam mata pelajaran ikatan kimia chemix banyak memberi kemudahan antara lain untuk mengetahui jari-jari kovalen suatu senyawa, untuk mengetahui besarnya keelektronegatifan suatu unsur sehingga memudahkan untuk mengetahui kepolaran suatu senyawa kovalen berdasarkan perbedaan harga keelektonegatifannya. Serta berguna juga untuk mengetahui struktur kristal atom.
Periodic Table
Picture7
Periodic table – graphics
Picture8
Periodic table – properties
Picture9
Chemix School sangat berperan aktif dalam pembelajaran kimia dan sangat membantu untuk menyelesaikan soal-soal kimia yang rumit, oleh karena itu pelajari Chemix School mulai dari sekarang agar mudah untuk mengerjakan kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar